TIM DELIMITASI BATAS MARITIM INDONESIA LAKSANAKAN PERUNDINGAN DENGAN MALAYSIA

Bandung, 6 Maret 2018 — Bertempat di Crowne Plaza Hotel Bandung Jawa Barat, kelanjutan perundingan batas maritim Indonesia – Malaysia yang sudah berlangsung lebih dari 12 tahun dimulai kembali, Selasa (6/3).

Perundingan delimitasi kedua negara ini, diawali dengan pertemuan tim teknis Indonesia dan Malaysia melalui forum Technical Working Group (TWG). Pada perundingan kali ini, delegasi Indonesia dipimpin oleh Padmasari dari BIG dan delegasi Malaysia dipimpin oleh Azhari Mohamad dari Jabatan Ukur dan Pemetaan Malaysia (JUPEM).
Adapun komposisi delegasi Indonesia terdiri dari perwakilan dari Badan Informasi Geospatial (BIG), Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Mabes TNI dan Pushidrosal sebagai tim teknis yang merupakan ujung tombak dalam perundingan batas maritim.

Pada kesempatan perundingan kali ini, dilaksanakan pembahasan detail tentang usulan kedua pihak terhadap delimitasi batas maritim di Laut Sulawesi di segmen perairan Pulau Sebatik, khususnya pembahasan tentang proposal posisi Provisional Common Point (PCP) Indonesia dan Malaysia, pembahasan transpormasi koordinat yang telah disepakati tahun 1969 segmen Laut China Selatan dan pembahasan segmen Selat Malaka bagian selatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *