BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI UJI KOMPETENSI HIDROGRAFI DI PUSHIDROSAL

Uji Kompetensi pengukuran kedalaman dengan Single Beam EchoSounder di Ancol

Jakarta,  15 Agustus 2018

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  melakukan uji kompetensi hidrografi di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Ancol Timur, Jakarta Utara, Rabu (15/8).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sertifikasi kompetensi kerja  bidang hidrografi, sehingga BNSP dapat memberikan lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memenuhi persyaratan sesuai dengan pedoman BNSP 201 dan BNSP 202. Salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh LSP untuk mendapatkan lisensi dari BNSP adalah menerapkan sistem manajemen mutu yang akan menjadi acuan di dalam operasional LSP.

Pelaksanaan uji kompetensi diketuai oleh Bornardo Tobing dari BNSP sebagai ketua tim, dihadiri oleh Direktur LSP Hidrografi Suhendro, S.Ap., M.Si. (Han), Manajer Mutu Abdul Aziz, manajer sertifikasi Kukuh S. Widodo, serta manajer Administrasi dan Keuangan Muddan Zayadi.

Asesmen dilaksanakan di perairan Ancol, dengan skema sertifikasi kompetensi pengukuran kedalaman dengan Single Beam Echosounder dengan menggunakan sekoci KRI Rigel-933. Ini merupakan skema sertifikasi klaster yang dikembangkan oleh LSP Dewan Hidrografi Indonesia, dengan mengacu pada standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Skema sertifikasi ini digunakan untuk memastikan kompetensi Pengukuran kedalaman dengan Single Beam Echosounder dan sebagai acuan dalam asesmen oleh LSP Dewan Hidrografi Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *