PUSHIDROSAL TERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA ITN MALANG

Wakapushidrosal Saat Foto bersama dengan para Mahasiswa

Jakarta, 3 Mei 2019—-Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan 54 mahasiswa Program Studi Tehnik Geodesi Institut Tehnologi Nasional (ITN) Malang di Ruang Long Room Perwira Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, Senin (3/5).

Kedatangan rombongan dipimpin oleh Alifah Noraini, S.T., M.T, selaku dosen pendamping mahasiswa program Studi Tehnik Geodesi ITN Malang yang didampingi oleh seorang dosen pembimbing tersebut diterima oleh Wakil Kepala Pushidrosal (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI. Dr. Ir. Trismadi dan Koor Sahli Pushidrosal Kolonel Laut (P) Amril mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH.

Kapushidrosal dalam sambutannya yang dibacakan Wakapushidrosal mengatakan bahwa selaku Lembaga Hidrografi, berdasarkan Peraturan Presiden No 62 Tahun 2016 Pushidrosal mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

“Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional berupaya meningkatkan kualitas, sehingga menjadi pusat informasi geospasial maritim terbaik dunia.” tambahnya.

Di bidang keselamatan pelayaran, Pushidrosal dituntut untuk mampu menyeiapkan dan menyediakan produk kenautikaan yang selalu up to date bagi kepentingan pelayaran di seluruh perairan Indonesia. Produk kenautikaan meliputi peta laut Indonesia baik umum maupun milter dan pertahanan serta peta navigasi elektronik (ENC) peta arus, peta periwisata bahari dan berbagai publikasi kenautikaan lainnya, sperti kepanduan bahari, pasang surut (Pasut), arus pasut almanak nautika dan sebagainya.

Dalam akhir sambutannya Kapushidrosal mengatakan dengan motto “Hydrography much more than just nautical chart”mengunggah semua pihak bahwa dibalik layanan hidrografi bertumpu aliran ekonomi dan kemakmuran yang besar bagi NKRI, Hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian Indonesia. Karena arus perdagangan dengan volume besar tentulah lewat laut.

Kegiatan kunjungan ini, rombongan mahasiswa menerima penjelasan tentang perkembangan Hidro-Oseanografi yang meliputi survei dan pemetaan laut untuk keamanan navigasi pelayaran di perairan Indonesia, yang dipaparkan oleh salah seorang Perwira Menengah Pushidrosal Mayor Laut (KH) Lufti Ibrahim. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan foto bersama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *