WAKAPUSHIDROSAL PIMPIN UPACARA-17 AN, BACAKAN AMANAT PANGLIMA TNI

Wakapushidrosal saat pimpin Upacara 17 an

Jakarta, 17 Juli 2019—–Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) gelar upacara 17 an di lapangan apel Mako Pushidrosal Jl. Pantai Kuta V No. I Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (17/07/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi. Dalam upacara tersebut Wakapushidrosal membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang membahas  tugas pokok TNI adalah memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan merupakan modal utama bangsa Indonesia, mengingatkan ke-bhinneka-an yang kita miliki. Dan kewajiban kita untuk mempertahankan kemerdekaan harus tetap terjaga.

Salah satu yang paling mendasar dalam keberhasilan tugas pokok adalah sumber daya manusia yang mendukung. Sebagai alat pertahanan negara, TNI membutuhkan prajurit-prajurit yang professional. Professionalme itu hanya akan bisa dicapai bila setiap prajurit ter didik dan terlatih dengan baik. Terlebih tantangan yang akan kita hadapi dimasa mendatang akan semakin kompleks. Kompleksitas tersebut menuntut TNI memiliki personel dan satuan yang adaptif.

Panglima TNI mengharapkan sebaiknya kita tidak boleh terlena dengan berbagai kemajuan teknologi dan harus dapat mengeksploitasi demia kemajuan TNI.
Dalam hal ini TNI tidak dapat bersikap tertutup. Tertutup dari segala perubahan dan kemajuan yang ada. Untuk itu setiap komandan satuan seharusnya bertanggung jawab untuk menignkatkan kemampuan dan wawasan anggotanya. Komandan satuan adalah tumpuan setiap anggota dalam berbagai hal. Oleh karena itu setiap Dansat harus terlebih dahulu memiliki kemampuan yang tinggi dan wawasan yang luas agar dapat megarahkan dengan baik.

Nilai-nilai luhur yang menjadi sendir-sendi pengabdian setiap prajurit TNI harus mengalir dalam setiap hembusan nafas prajurit TNI tidak boleh barubah. Sapta marga, sumpah prajurit dan Delapan wajib TNI harus mengalir dalam setiap hembusan nafas pajurit dimanapun berada dan bertugas.

Di akhir sambutannya Panglima TNI juga mengajak kita semua untuk berdoa bagi keselamatan rekan-rekan kita saat ini yang masih belum ditemukan. Saat ini pasukan yang ada terus berupaya menemukan 12 prajurit dan Helikopter MI-17 yang hilangkontak di Pegunungan Bintang, Papua.

Pada upacara 17-an kali ini bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (T) Anjas Suryahatin, S.T. yang sehari-harinya menjabat sebagai Kasubdit Faslan Invent di Dinas Logistik Pushidrosal, upacara berjalan sederhana namun hikmad.

Turut hadir dalam upacara ini para Pejabat Teras Pushidrosal, para prajurit Pushidrosal yang terdiri dari Perwira Staf, Bintara, Tamtama serta PNS Pushidrosal Jakarta.

Ket. Gambar :
Wakapushidrosal saat pimpin Upacara 17 an

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *