PUSHIDROSAL BERSAMA BATAN GELAR PEMBINAAN KETAHANAN WILAYAH (BINTAHWIL) DI KEPULAUAN SERIBU JAKUT

Bintahwil Pushidrosal berupa penyemaian bibit padi rekayasa Litbang BATAN di Kep. Seribu

Jakarta, 6 Agustus 2019— Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut  (Pushidrosal) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar kegiatan Bintahwil  berupa penanaman Padi Gogo Rancah di Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Selasa (6/8/2019).

Bintahwil ini  merupakan wujud kepedulian serta peran serta Pushidrosal dalam upaya mewujudkan program Ketahanan Pangan Nasional dengan pemberdayaan masyarakat pesisir maupun lingkungan laut dan pesisir, yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan  uji coba penanaman  padi gogo rancah di lahan berpasir dengan menggunakan varietas padi  hasil Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi BATAN.

Selain itu juga kegiatan ini memberikan pelatihan  untuk pengembangan dan budidaya padi yang telah ditanam tersebut kepada masyarakat setempat.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah kepulauan dan perbatasan,  khususnya masyarakat pantai dan pesisir jika sewaktu-waktu  terjadi cuaca ekstrim atau bencana alam yang melanda.

Bintahwil ini melibatkan personel dari Direktorat Potensi Maritim (Ditpotmar) Pushidrosal yang dipimpin oleh Direktur Potensi Maritim (Dirpotmar) Kolonel Laut (P) Suhendro, S.Ap, M.Si. (Han)., perwakilan dari BATAN, Ir. Ita Dwimahyani Peneliti Ahli Utama dan Dr. Azri Kusuma Dewi Peneliti Ahli Madya serta dari Pemerintah Daerah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu Jakarta Utara.

Bila penanaman ini berhasil, maka kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berlanjut oleh Pushidrosal, dan akan dikembangkan hingga menjangkau ke pulau-pulau terpencil dan perbatasan lainnya, sebagai wujud peran serta Pushidrosal dalam mendukung program pembangunan  Nasional di bidang Ketahanan Pangan Nasional serta memberikan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir di masa mendatang.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *